Kemenag Rekrut Guru Dan Pembina Asrama MAN Insan Cendekia

By Admin

nusakini.com--Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Ditjen Pendidikan Islam menggelar seleksi Guru dan Pembina Asrama Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC). Seleksi digelar serentak, Sabtu (03/06), di 20 MAN IC yang tersebar di beberapa provinsi di Indonesia. 

Seleksi nasional ini diikuti 752 peserta. Mereka akan memperebutkan 146 formasi yang tersedia. Peserta yang lolos seleksi akan ditempatkan sebagai guru dan pembina asrama bagi 3 MAN IC baru yang akan beroperasi pada tahun pelajaran 2017/2018, selain juga memenuhi kekurangan pada 17 MAN IC lainnya. 

Direktur KSKK M. Nur Kholis Seiawan mengatakan, rekrutman guru dan pembina asrama menjadi etape penting bagi langkah strategis Kementerian Agama membangun MAN IC sebagai madrasah unggulan. Dia berharap seleksi nasional ini mampu menjaring profil guru dan pembina asrama yang memiliki komitmen ke-Islaman dan keindonesiaan, professional, jiwa juang yang tinggi, serta ketrampilan sosial yang mumpuni. 

Bagi Nur Kholis, komitmen mutu menjadi kata kunci dalam mewujudkan pendidikan yang unggul. Kepada para petugas seleksi, Guru Besar UIN Sunan Kalijaga ini berpesan agar objektif dalam melakukan wawancara dan mikro teaching sehingga hasilnya akan memuaskan. 

Kepala MAN IC Sambas Kalbar Mursidin mengatakan, seleksi guru dan pembina asrama di MAN IC Sambas diikuti 72 peserta. Dari jumlah itu, akan diambil 14 guru dan 2 pembina asrama. 

"Saya sangat bergembira, animo sarjana yang ingin menjadi guru MAN IC dari tahun ke tahun meningkat bahkan kali ini ada peserta yang berasal dari Jakarta," katanya.(p/ab)